Tips Merawat Mesin Hitung Uang Portable

Sudah sewajarnya perusahaan besar memiliki mesin hitung uangnya sendiri, entah itu mesin hitung uang standing atau mesin hitung uang portable. Kedua mesin uang tersebut sama-sama memiliki keakuratan yang tinggi untuk menghitung uang dalam jumlah besar. Pada dasarnya mesin penghitung uang ini dibagikan menjadi dua kategori yakni friction dan vacuum. Friction yang dimaksud disini adalah penghitungan uang menggunakan alat hitung yang penggunaannya dengan meletakkan uang pada bagian yang sudah disediakan dengan melepas ikatan uang terlebih dahulu. Setelah itu, hasil hitungan akan muncul pada layar dan system inilah yang paling banyak digunakan dalam mesin hitung uang portable. Sedangkan, metode vacuum adalah penghitungan dengan metode yang lebih cepat karena tidak perlu melepaskan ikatan uang. Biasanya metode ini diterapkan pada mesin hitung uang standing, yang juga memiliki fitur pendeteksi uang palsu.

Dalam memilih mesin hitung uang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

1. Sistem perhitungan yang digunakan - friction atau vacuum. Biasanya mesin hitung uang portable memiliki sistem friction. 
2. Tingkat keakuratan pendeteksian. Pada saat pembelian pastikan anda tahu kualitas dan tingkat keakuratan suatu mesin hitung uang. Anda dapat dengan mudah menilai tingkat keakuratan mesin hitung uang tersebut dengan melihat apakah mesin hitung uang tersebut mampu bekerja baik dengan uang baru, lusuh, atau plastik.
3. Kecepatan per menit. Pastikan juga, anda mengetahui tingkat kecepatan yang anda butuhkan untuk kantor anda. Biasanya perusahaan dalam bidang perbankan akan membutuhkan standar yang tinggi untuk syarat yang satu ini. Di pasar perlengkapan alat kantor, terdapat beberapa kecepatan mesin hitung uang portable yang ditawarkan, yaitu 800, 1200, dan 1600 lembar per menit.
4. Display. Ada beberapa display yang tersedia saat ini, yaitu display dengan tiga atau 4 digit, Selain itu, anda juga dapat memilih display berdasarkan bisa atau tidaknya LED display untuk diputar agar nasabah bisa melihatnya.
5. Upgradable system. Akan lebih baik, jika anda tahu apakah mesin hitung uang yang anda beli dapat digunakan untuk menghitung mata uang di depannya.
6. Tingkat keamanan dan mudah dioperasikan. Meskipun berguna, mesin ini dapat juga melukai tangan karyawan anda, untuk itu pilihkan mesin hitung uang yang benar-benar menjamin keamanan pemakainya. Dan, pilihlah juga mesin hitung uang portable yang mudah dipakai oleh karyawan anda.
Dengan beberapa tips di atas, anda dapat memiliki pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Dengan begitu, uang yang anda keluarkan untuk membeli satu paket mesin hitung uang, baik mesin hitung uang portable atau mesin hitung uang standing, tidak akan sia-sia. Untuk membuat mesin hitung uang anda agar tidak lekas rusak, maka praktikanlah hal-hal ini selama pemakaian. Langkah pertama adalah membersihkan debu atau kotoran yang menempel minimal satu bulan sekali. Debu yang menumpuk pada perangkat keras mesin hitung uang ini akan merusak komponen dan akhirnya memperpendek umur mesin ini. Jika anda tidak dapat membersihkannya sendiri, anda dapat memanggil teknisi untuk menyelesaikan masalah pembersihan ini.
Taruhlah mesin hitung uang, baik mesin hitung uang portable atau mesin hitung uang standing, di tempat yang teduh dan kering.
Jika anda memiliki mesin hitung uang portable, pastikan posisi penempatan mesin hitung uang portable ini sudah pas atau datar. Jangan menumpuk barang lain di atas mesin ini.
Selanjutnya adalah teknis pada saat pemakaian alat ini, bacalah petunjuk yang ada pada buku panduan apakah diperbolehkan untuk melakukan penghitungan ganda atau tidak. Jika tidak, maka hindarilah untuk melakukan penghitungan dengan dua ikat dalam satu waktu karena jika alat hitung dirancang hanya untuk satu ikat per hitung ini akan mengganggu kerja sistemnya.
Melihat betapa pentingnya mesin hitung uang, baik mesin hitung uang portable dan mesin hitung uang standing, maka sangat disarankan anda menjaga aset perusahaan yang satu ini dengan benar. Pastikan anda mengetahui sedikit cara kerja mesin hitung uang, sebelum menggunakannya. Terutama, jika anda memilih untuk membeli mesin hitung uang portable. Pastikan, kelebihan dan kelemahan mesin hitung uang portable bagi perusahaan anda.
 
Wednesday the 21st. Copyright By Omerwin.Com
Powered by Omerwin.com